Loading...

Uang Pensiun PNS Korea US$ 4.000, Menpan RB : Kita Hanya US$ 350

Uang Pensiun PNS Korea US$ 4.000, Menpan RB : Kita Hanya US$ 350 - Hallo sahabat LOKER LOWONGAN KERJA, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Uang Pensiun PNS Korea US$ 4.000, Menpan RB : Kita Hanya US$ 350, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel BANK, Artikel BUMN, Artikel CPNS, Artikel KONTRAKTOR, Artikel PABRIK, Artikel PERTAMINA, Artikel PERUSAHAAN ASING, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Uang Pensiun PNS Korea US$ 4.000, Menpan RB : Kita Hanya US$ 350
link : Uang Pensiun PNS Korea US$ 4.000, Menpan RB : Kita Hanya US$ 350

Baca juga


Uang Pensiun PNS Korea US$ 4.000, Menpan RB : Kita Hanya US$ 350

Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Asman Abnur mengatakan bakal mencontoh sistem pemberian uang pensiun untuk pegawai negeri sipil (PNS) seperti yang dilakulan Korea Selatan (Korsel). Asman menilai uang pensiun untuk PNS saat ini masih terbilang rendah.

Asman menjelaskan perbandingan pemberian uang pensiun PNS Korsel dan Indonesia cukup jauh. Di Korsel, PNS dengan jabatan setingkat Eselon I yang pensiun mendapatkan uang pensiun hingga US$ 4.000/bulan, sementara di Indonesia hanya berkisar US$ 350.

"PNS yang pensiun di sana, sekarang menerima, kalau pejabat tingginya minimum menerima US$ 4.000 satu bulannya. Bandingkan dengan kita, pejabat eselon I pensiun hanya menerima US$ 350 perbulan," kata Asman di kantornya, Jakarta, Jumat (23/3/2018).

Asman mengatakan PNS di Korsel mendapatkan uang pensiun yang tinggi karena menerapkan sistem fully funded, yakni sistem pembayaran penuh yang pembayarannya berasal dari komponen iuran yang dilakukan oleh pemerintah sebagai pemberi kerja dengan pegawai sebagai pekerja.

Dengan sistem tersebut, kata Asman, PNS sebagai pekerja mengiur untuk pensiunnya setiap bulan sebesar 10% dari gaji yang diterima. Selain itu, pemerintah sebagai pemberi kerja juga ikut mengiur untuk pensiun pegawainya sebesar 10% dari gaji pegawai tersebut.

"Jadi totalnya dari pemerintah 10% dari PNS-nya 10%. Sehingga dana cadangan pensiunnya setiap bulan itu 20% dari gajinya. Tapi jangan salah ya, bukan dipotong 20% ya. Artinya masing-masing pemberi kerja dan yang menerima pekerjaan, yaitu PNS dan pemerintah ikut sama-sama mengiur. Ini sistem yang dilakukan di korea," kata Asman.

Diketahui, pemerintah saat ini juga memang sedang mengkaji penerapan sistem fully funded tersebut. Namun, saat ini pemerintah masih melihat kemampuan dari APBN yang nantinya merupakan sumber dana iuran pemerintah.

"Nah kita mencoba, ini mungkin sesuai dengan kemampuan APBN, nanti dengan model pensiun ini kita berharap pensiun yang terlaksana ke depan akan lebih dari yang sekarang," katanya.

Selain itu, Asman masih belum bisa memastikan berapa besar nantinya uang pensiun yang bakal diterima oleh PNS. Dia pun tak berani memastikan apakah jumlah iuran yang akan ditetapkan akan sebesar Korea, yakni 20% dari gaji atau penghasilan PNS. Dia hanya menargetkan bahwa sistem pemberian pensiun ini bisa dilakukan tahun ini.

"Besarnya belum kita putuskan, karena ini belum final ya. Saya belum berani kira-kira, karena ini sangat bergantung dari kemampuan gaji kita. Dan basenya apakah dihitung dari gaji pokok ditambah tunjangan keluarga, atau take home pay, nah itu tergantung besarannya nanti, itu ada hitung-hitungan matematiknya, biasanya orang keuangan yang lebih ahli," tuturnya.detik


Demikianlah Artikel Uang Pensiun PNS Korea US$ 4.000, Menpan RB : Kita Hanya US$ 350

Sekianlah artikel Uang Pensiun PNS Korea US$ 4.000, Menpan RB : Kita Hanya US$ 350 kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Uang Pensiun PNS Korea US$ 4.000, Menpan RB : Kita Hanya US$ 350 dengan alamat link https://newslowongankerjaindo.blogspot.com/2018/03/uang-pensiun-pns-korea-us-4000-menpan.html

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Uang Pensiun PNS Korea US$ 4.000, Menpan RB : Kita Hanya US$ 350"

Post a Comment

Loading...